Kamis, 16 Mei 2013

Wujud Kebudayaan



Koetjaraningrat kebudayaan mempunyai tiga wujud, yaitu :
  1. Wujud ideal dari kebudayaan, sifat abtrak, tidak dapat diraba atau difoto.
  2. Wujud sistem sosial,  mengenai kelakuan berpola pada manusia.
  3. Wujud kebudayaan fisik, hasil fisik dari aktivitas, perbuatan dan karya manusia dalam masyarakat, sifat kongkrit, benda-benda yang dapat diraba, dilihat, difoto.
  1. B. Studi Antropologi di Indonesia
          Antropologi adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan manusia. Antropolagi merupakan suatu ilmu yang mempelajari mahluk antropos atau manusia. Ilmu antropologi baru mencapai bentuk yang tegas pada tahun 1951. Sasarannya adalah manusia dan kebudayaannya.
a.  Antropologi Fisik
          Mempunyai tujuan untuk mencapai pengertian tentang beraneka ragam mahluk manusia dipandang dari sudut ciri-ciri tubuhnya dengan memakai ciri-ciri tubuh lahiriyah (fenotopik) dan ciri-ciri tuuh rohaniah (genetotip). Yang dimulai sejak lahirnya manusia kedunia (pithecanthropus ) sampai manusia sekarang ( homo sapiens ).
         Antropologi fisik lebih membahas struktur fisik dan asal usul manusia dengan proses fisiologisnya dan antropologi budaya didalamnya mencakup ilmu-ilmu sosial, seni dan ilmu-ilmu kemanusiaan yang lain.
b.  Antropologi Budaya
          Perkembangan antropologi budaya dimulai pada masa penjajahan Belanda sekitar abad ke-19. Pada waktu itu antropologi digunakan secara praktis. Dalam perkembangan selanjutnya melahirkan antropologi sosial dimana antropologi sosial ini lebih menekankan pada salah satu fungsi dari unsur kebudayaan. Jadi tugas antropologi sosial adalah meneliti secara sistimatis pranata-pranata kemasyarakatan termasuk susunan politis dari masyakat.
Tujuan mempelajari antropologi :
  1. Agar siswa mempunyai dasar pengetahuan untuk bekal sebagai anggota masyarakat sesuai dengan bakat dan minat.
  2. Menggali kekayaan bangsa yang dapat memperkuat keyakinan.
  3. Menimbulkan rasa kasih sayang untuk bersama-sama menghimpun kekuatan seluruh bangsa Indonesia.
Manfaat mempelajari Antropologi :
  1. Antropologi budaya banyak memberikan bahan-bahan, pandangan, teori, pendapat sehingga dapat secara metodis menghadapi segala gejala yang timbul dalam masyarakat yang terus berkembang.
  2. Antropologi budaya memberikan pengetahuan tentang perkembangannya baik sebagai ilmu dan penerapannya dalam penelitian dari segi kehidupan manusia.
  3. Antropologi dapat mengarahkan pembangaunan bangsa dan negara secara baik.

source :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar